Kernel pada Sistem Operasi Android

Kernel

Apa itu Kernel? Bila anda sudah bolak-balik diberbagai forum dan membaca tentang artikel-artikel tentang cara mengutak-atik Android pasti tak lepas dari yang namanya Kernel, Kernel sendiri merupakan bagian inti dari Android tersebut. Setiap sistem operasi yang hebat / besar maupun kecil mempunyai kernel nya masing-masing, baik Windows, iOS/ MacOS, BSD dan Distribusi/Distro Linux. Mungkin sebagian orang yang membaca ini sudah tauhu, mungkin cuma sekedar tahu dan mungkin juga ada yang belum tahu sama sekali. Kali ini kita akan membahas kernel yang berkenaan dengan Android. Semoga hal ini menjadi menarik untuk dibahas :D.
Kernel pada Sistem Operasi Android
Courtesy By Google Images

Pada dasarnya kernel adalah perantara atara perangkat lunak dan perangkat keras. Semua kegiatan diantara dua hal tersebut harus melewati kernel sebagai perantaranya, ya semuanya tanpa terkecuali. Pada sejarahnya dulu pas awal-awal perkembangan komputer belumlah ditemukan / dibuat kernel tersebut. Dan kira-kira pada tahun 1950 an ketika komputer berkembang pada tahap awal, kita hanya bisa menjalankan perangkat lunak satu kali / satu saja untuk setiap komputer, dan kita harus mereset komputer tersebut apabila kita ingin membuka atau menggunakan aplikasi yang lain (betapa sulitnya masa-masa itu :'( ) .Setelah hadirnya kernel maka sekarang bisa bekerja secara multitasking (banyak melakukan pekerjaan secara bersamaan), seperti kita bisa berselancar internet, mengerjakan tugas dan bermain dengan kreatifitas kita dengan perangkat pengolah gambar secara bersamaan. Kenapa saya membahas komputer? Karena sejatinya semua ponsel pintar sekarang ini secara konsep adalah bentuk komputer mini yang berada dalam genggaman. Android sendiri memakai kernel Linux buatan Linus Trovald, tetapi tidak sama dengan kenrel Linux yang berbasis komputer desktop. Google lah yang memelihara dan yang mempunyai kode sumber dalam pembangunan kernel Android tersebut. Para vendor biasanya diberikan kode tersebut oleh Google sehingga mereka bisa mengkodekan dengan pas kode pada seperangkat keras yang mereka miliki agar pas dan tidak terjadi kesalahan. Setiap versi Android satu memiliki kernel yang berbeda dengan versi yang lainya, sebagai contoh versi Android KitKat memiliki kernel yang berbeda dengan Lollipop. Inilah mengapa dibutuhkan kerja para hacker dan modder untuk memporting (menyesuaikan) pada jenis Android yang berbeda.


Contoh kerja kernel pada Android adalah ketika anda menyentuh tombol “setting / setelan” pada layar anda maka kernel bekerja dengan cara menentukan kordinat titik sentuhan dan memberitahukanya pada perangkat lunak anda, dan proses ini berjalan sangat cepat (secepat tanggapan yang diberi pada ponsel anda masing-masing). Bingung?ingin muntah (jangaaaan, dikamar mandi sana :D) . Yah, anda tidak perlu memhami ini semua kalau anda hanya sekedar pengguna akhir. Anda cukup tahu bahwa kenrel bekerja dibalik layar kaca ponsel anda.

Subscribe to receive free email updates: