Apa itu NFC?

Apa itu NFC?

Taukah anda tentang NFC?

NFC merupakan kependekan dari Near-Field Communication (Komunikasi Jarak Dekat) yang merupakan teknologi yang sangat pintar, seperti halnya bluetooth dan Wi-Fi tentang cara kerjanya, tetapi NFC lebih dari itu. Secara kecepatan transfer memang NFC yang paling lambat dan memiliki jarak yang pendek (kurang lebih 20 cm), tetapi memang demi tujuan itulah NFC dibuat. Kelebihan NFC adalah dia memiliki biaya operasional yang murah, karena NFC bisa untuk menyandingkan 2 perangkat yang salah satunya tidak memerlukan daya untuk pengoperasianya yang disebut dengan 'tag' (seperti saat menyecan QR code dengan kamera kita). Untuk penggunaanya kita hanya perlu mendekatkan perangkat kita pada perangkat yang memiliki NFC baik yang berdaya atau tak berdaya (tag) sejauh tidak keluar dari jarak tangkap kedua perangkat tersebut. Dengan tag ini kita dapat melakukan beberapa hal yang diantaranya :
-Menyetel konfigurasi Bluetooth dan Wi-Fi dengan cepat

-Membayar tagihan dengan cara mendekatkan pada kartu kredit yang sudah ditandemkan tag didalamnya.
-Membayar tagihan dibeberapa tempat yang tempat itu sudah mendukung sistem NFC untuk pembayaranya hanya dengan mendekatkan perangkat kita pada tag tersebut.
-Melakukan pertukaran data
-Membuka pintu rumah / garasi dan lainya, mengingat metode ini sangat fleksibel maka tak heran kalau nanti dimasa depan mungkin sebagian besar hal bisa dilakukan dengan NFC.
Apa itu NFC?
NFC dan PosterPintar
Apa itu NFC?
NFC dan Tiket Kereta di Austria
Apa itu NFC?
NFC dan Pembayaran Parkir
semua gambar berasal dari wikepedia.org

NFC sebenarnya bukanlah hal baru, NFC berakart dari identifikasi frekuensi radio atau RFID (Radio Frequency Identification) yang dipatenkan pada tahun 1983 oleh Charles Walton. Seiring berkembangan zaman hingga Google dengan Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich mulai memperkenalkan metode ini pada tahun 2011 dan sampai sekarang lah awal mula metode ini terkenal yang terkhusus pada perangkat ponsel pintar Android. Dan pada Android KitKat 4.4 Google mulai memperkenalkan Google Wallet (Dompet) semacam aplikasi yang memungkinkan kita dapat membayarkan tagihan tertentu seperti yang sudah saya sebutkan diatas dengan menggunakan NFC tanpa perlu repot-repot selain hanya mendekatkan perangkat kita.
Apakah aman? Ya tentu saja hal itu sudah dipertimbangakn oleh para pengembang sana, dan tidak mungkin kalau tidak aman mereka mulai memasarkan secara komersil.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu NFC?"

Post a Comment

Hai